Orang Jahat Tidak Mengerti Akan Sebuah Hal

Standard

image

(Sumber gambar: sunshinelovianettesherry.wordpress.com)

Usai menyaksikan Mahabaratha, terngiang ucapan Sangkuni yang sama sekali tidak saya mengerti “Yudistira memilih jalan kebenaran dan jalan itu sangatlah sulit.” (sambil cekikikan).
Hal itu saya ungkapkan pada suami yang sedang sibuk bekerja. Diapun menghentikan kesibukannya, memandang saya sambil tersenyum dan memaparkan:
Ada satu hal yang pasti tidak diketahui oleh orang jahat, yaitu bahwa: ‘Tuhan itu adil‘.
Sementara orang baik selalu percaya bahwa Tuhan itu adil, maka dia tidak punya kegelisahan/kegundahan dalam setiap langkahnya. Dia akan melangkah dengan tenang.
Jika kamu mempertanyakan saat Duryodana yang jahat diberi kesempatan untuk memimpin tahta, apakah itu suatu bentuk keadilan?
Ya, dia diberikan kesempatan untuk merasakan tahta namun sepanjang itu (bahkan sejak kecil) dia juga diliputi perasaan gelisah, tidak tenang, rasa iri dan dengki. Apakah itu menyenangkan/apakah itu membahagiakan?
Sebaliknya Yudistira yang pada akhirnya mendapatkan tahtanya dg jalan yang baik, bisa memerintah sepanjang sisa hidupnya sebelum menyerahkan tahta kepada penerusnya dengan tenang dan mampu fokus memikirkan kesejahteraan rakyatnya.

Leave a comment